Kamis, 11 April 2013


PROFIL/POTRET SEKOLAH

A. Identitas Sekolah
1. Nama Sekolah       : SD Negeri Sukamanah II Kota Tasikmalaya
2. Status Sekolah       : Negeri
3. Alamat                   : Jalan Ahmad Yani Blk No. 154 Tasikmalaya
                                              Kelurahan      : Sukamanah
                                              Kecamatan         : Cipedes
             Kode Pos             : 46131
4. Tahun Pendirian     : 1955   
5. Nama Yayasan      :  -
6. Visi Sekolah          :  Mewujudkan layanan pendidikan yang professional, berprestasi, dan   berwawasan lingkungan dengan nuansa islami.
7. Misi Sekolah        :      a.    Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan
b. Meningkatkan profesionalisme guru dalam upaya pelayanan    pembelajaran
c.        Mengembangkan kreativitas siswa untuk berprestasi  baik akademik maupun non akademik
d.        Meningkatkan pengadan sarana dan prasarana
e.        Meningkatkan budaya peduli lingkungan
              8. Tujuan                     :  Potensi data pengelolaan sekolah 3 tahun terakhir, SD Negeri Sukamanah II Kecamatan   Cipedes Kota TasikmalayaKota Tasikmalaya dapat dikembangkan menjadi sekolah yang unggul dan mandiri, dengan cirri sebagai berikut :
1.     Memiliki kepercayaan diri dalam mengatasi kesulitan dan masalah yang dihadapi.
2.     Penampilan organisasi yang tinggi, yaitu adanya pembagian tangguang jawab disertai wewenang mengambil keputusan, deskripsi tugas yang jelas. Control kepala sekolah yang berkesinambungan. Organisasi berjalan demokrasi dan tertib. Keputusan diambil dengan rasional, efektivitas, efisiensi, dan prodiktivitas.
3.     Dinamika sekolah yang tinggi, membawa setiap siswa kreatif, sehingga pertumbuhan jasmani, emosi, sosial, intelek, dan nilai-nilai dapat tumbuh secara optimal.
4.     Sekolah dan masyarakat saling mempercayai dan saling membantu satu sama lain.
5.     Hubugan antar sekolah dan guru, siswa serta masyarakat terjalain dalam komunitas terbuka untuk menerima kritik masyarakat.
6.     Kualitas KBM yang tinggi sehingga mampu menghasilkan perubahan sikap, tingkah laku dalam pengetahuan, keterampilan, nilai budi pekerti dan mandiri.
9. Strategi                    :  Pembinaan seluruh personil agar memiliki kesadaran akan tugas pokok, fungsi dan kedudukan, serta kewajibannya agar tumbuh minat dan motivasi untuk senantiasa mengembangkan kompetensi dan potensi dirinya sehingga dapat meningkatkan profesionalisme dan etos kerja dibidangnya masing-masing yang pada akhirnya akan tumbuh sikap disiplin, tanggung jawab, kesamaan persepsi, kesatuan gerak dan langkah dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas lulusan.
a.         Pengembangan dan peningkatan mutu dan Sistem kerja melalui pembagian tugas dan wewenang yang jelas dengan menerapkan system koordinasi yang tepat, baik kedalam maupun keluar, sehingga diharapkan pengguanaan waktu, biaya yang efektif, efisien, tepat sasaran, tepat guan dan berhasil guna.
b.         Penyelenggaraan kegiatan-kegiatan sekolah yang mencakup kegiatan ilmiah dengan pemanfaatan kemajun dibidang IPTEK, keagamaan, dan kegiatan lainnya yang dapat menumbuhkan wawasan, gagasan, daya cipta, dan daya kreasi murid dengan memanfaatkan potensi diri dan alam lingkungannya.

c.          Pemberdayaan dan optimalisasi sarana dan prasarana termasuk penediaan buku-buku perpustakaan dan alat-alat pembelajaran lainnya. Upaya ini perlu didukung oleh inventarisasi dan perawatan fisik yang baik oleh seluruh warga sekolah dengan berorientasi pada 7K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kenyamanan, Keasrian, dan Kekeluargaan).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar